Senin, 10 Maret 2014

AMSAL 30:11-14

Pendahuluan
Bentuk dan penyajian kumpulan amsal milik Agur bin Yake dari Masa ini berbeda dari kumpulan amsal sebelumnya. Di sini kita dapat merasakan perasaan negatif serupa kitab Pengkhotbah, "Aku berlelah-lelah, ya Allah..." bandingkan dengan keluhan Pengkhotbah akan "jerih lelah yang sia-sia" (Pkh. 1:3; 2:11, dst.). Pertanyaan Agur, khususnya mengenai siapa Allah (ayat 4-5), mirip dengan pertanyaan Allah yang menantang Ayub karena berani mempertanyakan kebijaksanaan Allah (lih. Ayb. 38-42). Bedanya, Ayub mempertanyakan Allah, di sini Agur mengakui keterbatasannya dalam mengenal Allah.
Ajaran hikmat dari dari Agur dalam Amsal ini mengajak kita untuk menempatkan diri pada posisi yang tepat di hadapan Allah, pencipta dan pemilik alam semesta ini. Kita hanyalah ciptaan-Nya yang terbatas dan fana. Oleh karena itu, penting sekali kita mengakui bahwa sumber hikmat hanya pada Allah dan upaya menambahinya adalah sikap arogan manusia yang hanya menghancurkan diri sendiri (ayat 5-6, 13).
Sebaliknya hidup bergantung penuh pada Tuhan, bersyukur untuk anugerah-Nya yang senantiasa cukup (band. Flp. 4:12-13) adalah sikap orang berhikmat. Dampak sikap hidup yang benar di hadapan Tuhan akan berwujud nyata dalam sikap hidup kita terhadap orang lain (ayat 11-14).
Telaah Perikop
Pada bacaan kita malam ini, Agur dalam Amsalnya menyebut tentang cara hidup yang keliru umat manusia yang tidak berkenan kepada Allah. Setiap orang harus mampu melakukan hal2 yang berkenan kepada Allah dalam upaya mengenal Allah, melalui perbuatan dan sikap hidup terhadap sesama. Kenyataannya, menurut Agur, ada beberapa sikap tidak benar yang datang dari hidup yang tidak mengenal Allah, yakni:

1.   Sikap terhadap orang tua (ay. 11)
Dengan gamblang penulis amsal ini menyatakan bahwa ada orang yang tidak menghormati orang tua melalui sikap yang tidak terpuji. Mereka mengutuki ayah nya dan bahkan tidak memberkati  ibunya. Pribadi seperti ini justru bukan orang yang mengenal Allah, malah sebaliknya mereka pastilah hidup jauh dari TUHAN. Sebab setiap orang yang tidak menghormati orang tua sudah pasti dikutuki Tuhan. Hal ini jelas dinyatakan dalam Ulangan 27:16 yaltu: Terkutuklah orang yang memandang rendah ibu v  dan bapanya...”

2.   Sikap terhadap dosa diri (ay. 12)
Yang dimaksud dalam ayat 12 ini adalah tipe orang yang merasa benar dan orang lain adalah pendosa. Ia tidak perna mau menyadari bahwa dirinya adalah pribdai yang berdosa. Jarinya selalu menuding dosa orang lain, sementara dirinya sendiri dianggap paling suci.
Dalam Roma Roma 3:10-13, Paulus dengan tegas mengatakan bahwa tidak ada seorangpun yang benar; semua telah berbuat dosa. Pernyataan Paulus ini sangat penting dalam rangka pengenalan akan Allah. Jika seseorang menggap diri benar dan tidak mengakui dosanya, Ia sama dengan orang yang tidak mengakui Kasih Karunia Allah yang menyelamatkan orang berdoa. Sebab dengan mengaku diri berdosa, berarti ia membutuhkan pengampunan dari Allah. Selama pribadi seseorang tidak mengakui dosanya dan menggap diri benar, tidak ada pengampunan dari Allah. Pribadi demikian sudah jelas tidak mungkin mengenal Allah.

3.   Sikap angkuh dan menindas orang lain (13,14)
Penulis amsal selanjutnya menyebut tipe ke tiga dari pribadi yang terkategori tidak dapat pengenalan tentang Allah. Yaitu mereka yang tidak mengasihi sesamanya. Keangkuhan diri dan mengangap orang lain lebih rendah dari dirinya; dan bahkan dengan tega dan sadar menindas dan merugikan orang lain adalah contoh jelas dari Amsal bahwa pribadi ini tidak mengasihi sesamanya.
Rasul Yohanes mengatakan: Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih.(1 Yoh.4:8). Hal ini berarti bahwa ukuran seseorang mengenal Allah adalah dengan mengasihi sesama. Orang yang membenci sesamanya, menindas dengan angkuh orang lain adalah pribadi yang tidak mengenal Allah. Lebih jauh dikatakan oleh Rasul Yohanes: Jikalau seorang berkata: "Aku mengasihi Allah," dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta, karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya. (4:20). Ukuran mengasihi Allah dan mengenal Allah adalah mengasihi sesama. Konsep ini sangat sederhana namun tegas. Kita hanya dapat mengalami pengenalan terhadap Allah jika kita juga bersedia untuk mengasihi sesama.

Relevansi dan Aplikasi
Aplikasi Firman Tuhan dalam ayat 11-14 haruslah di baca dalam kerangka berpikir mulai dari ayat 1. Karena itu ada beberapa poin penting mulai dari ayat 1-14 yang dapat kita aplikasikan dan terapkan dalam kehiidupan ini, yakni:
1.  Betapa gamblangnya Agur menjelaskan dengan ekspresi bahasa (ay.1-3) bahwa seorang hanya akan memiliki pengenalan yang benar akan Allah yang Maha Kudus melalui penyataan-Nya: umum dan khusus. Setiap orang dapat menyaksikan penyataan umum saat menyaksikan karya ciptaan Allah yang agung dan dahsyat ay.(4). Tak seorang manusia atau dewa mana pun yang mampu menciptakan dunia sedemikian dahsyat ini. Penyataan umum dapat menghantar manusia mengenal Sang Pencipta yang agung dan besar. Lebih dari itu ada penyataan khusus yakni melalui firman dan Anak-Nya, supaya manusia tidak berhenti pada pengagungan karya ciptaan-Nya, melainkan masuk dalam karya keselamatan-Nya.
 2.  Allah tidak mau manusia berhenti pada pengakuan bahwa dunia ini diciptakan-Nya, melainkan ada satu tujuan yang lebih mulia, yakni manusia mengerti bagaimana Allah menganugerahkan keselamatan kepada manusia berdosa. Melalui firman-Nya yang kudus yang tidak boleh ditambah atau dikurangi karena sifatnya yang murni (ay. 5-6), manusia mengerti betapa besar dan dalamnya kasih Allah, sehingga mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal mati menanggung dosa manusia. Barangsiapa percaya kepada Anak-Nya beroleh keselamatan kekal, karena ia sudah pindah dari dalam maut kepada hidup.
3.  Selanjutnya, Seorang yang mengenal dan telah menerima karya keselamatan-Nya akan hidup dalam anugerah dan pemeliharaan-Nya. Inilah yang diminta oleh Agur. Ia mengenal bahwa manusia sulit berkata "cukup" karena selalu ada ketidakpuasan dalam dirinya. Bila ia merasa segala kebutuhan tercukupi ia tidak lagi memandang kepada Tuhan yang memberikan; bila ia hidup dalam kemiskinan dan kekurangan, ia bisa mencuri dan mempermalukan Tuhan (bd. ay. 9). Jika demikian kapan kehadiran Tuhan dalam hidupnya, ketika kaya dan ketika miskin pun tidak?! Berbeda halnya dengan seorang yang menyadari bahwa hidupnya adalah anugerah dan segala yang dimilikinya pun semata berdasarkan anugerah dan pemeliharaan-Nya, sehingga ia senantiasa mensyukuri Sang Pemelihara hidupnya.
4.  Pengenalan akan Allah selanjutnya harus pula dimulai dengan pengenalan akan diri sendiri yang penuh dosa (ay.12). Saatnya kita menyadari bahwa kita semua berdosa. Kita tidak lebih benar dari orang lain. Dengan pengenalan akan diri sendiri yang berdosa dan memerlukan Kasih Karunia Tuhan yang menyelamatkan, akan menggiring tiap pribadi untuk mengalami pengenalan akan Allah dalam Yesus Kristus Sang Penyelamat.
5.  Bukti nyata yang tak terpungkiri bahwa setiap orang telah mengalami pengenalan akan Allah terlihat dari relasi yang baik dan harmonis dibangun dengan sesamanya manusia. Entah upaya mengormati orang tua (ay.11); ataupun relasi indah penuh kasih dengan orang lain (ay.13-14). Pengenalan akan Allah hanya dapat dilakukan apabila seseorang memiliki hubungan yang baik dengan TUHAN Allah dan mengasihiNya dengan sungguh. Namun, seeorang dapat dikatakan telah mengasihi Allah dengan sungguh, dapat terlihat pada tulusnya ia mengasihi dan menghormati sesamanya.

Selamat mengalami pengenalan yang utuh dan benar terhadap Allah yang menyatakan diriNya melaui segala ciptaan dan istimewa melalui karya keselamatan dari Tuhan Yesus Kristus. Amin.

1 komentar :

  1. Slot Review (2021) - Hollywood Casino Columbus - JTM Hub
    Slot review (2021). Claim up to 진주 출장샵 $1,000 춘천 출장마사지 FREE in 서산 출장샵 bonus credits 전라남도 출장안마 for slot machines & table games. 속초 출장마사지 Use promo code MELT2021 and get a $1000 bonus!

    BalasHapus

bahanrenungankita
karangjoang